Kamis, 11 November 2010

Berjualan Lewat Internet..!!

Mendengar kata internet, semua pasti berfikir 'bisa melakukan apapun secara realtime dan pastinya gratis'. Memang betul, hampir semua hal dapat dilakukan secara gratis di internet. Mulai dari mencari informasi (koran elektronik - buku elektronik - tutorial), mencari lagu/mp3/film/video, bahkan mencari uang gratis.

Sebenarnya banyak sekali manfaat lain dari internet yang sering lupa kita gunakan. Misalnya berjualan/berpromosi di internet. Caranya macam-macam, bisa dengan membuat website khusus (e-commerce), iklan baris gratis, atau berjualan lewat online forum (misal kaskus.us).

Untuk hal terakhir,saya sudah mencoba setidaknya tiga kali, dan semua barang saya laku terjual. Saya pernah menjual piringan cakram/disk brake merk PSM 320mm untuk bebek Suzuki (second), Headset micro usb Samsung (new), screen protector/anti gores Motorola Q9h (new), dan semua terjual hanya dalam waktu kurang dari satu minggu.

Cara transaksinya bermacam-macam, ada yang dibayar secara tunai (transaksi face to face), ada yang transaksi via rekening/pulsa dan kemudian barang dikirim via perusahaan ekspedisi (JNE). Semua semakin mudah dan semakin murah.

Bayangkan, berapa banyak rupiah yang harus kita keluarkan jika harus memasang iklan di koran nasional agar barang kita laku terjual atau agar produk kita diketahui banyak orang. Bandingkan dengan yang harus kita keluarkan untuk membuat website (e-commerce) atau hanya sekedar membayar internet.

So, Happy OnLine..!!

2 komentar: