Kamis, 16 September 2010

Belajar dan Berpromosi di Online Forum.

Menjadi seorang maniak online, tidak lengkap rasanya jika tidak menjadi member dari suatu online forum atau bahkan lebih.

Selain bisa menjadi salah satu tempat kita para blogger untuk berpromosi, forum bisa menjadi tempat yang sangat tepat untuk mencari ilmu pengetahuan, belajar dari pengalaman orang lain, bertanya, atau juga sebagai tempat kita refreshing.

Ada forum yang merangkul semua tingkatan usia, kelompok dan golongan, seperti http://kaskus.us yang saat ini menjadi online forum terbesar di indonesia.
Ada pula yang mempunyai cakupan lebih kecil seperti http://xcode.or.id yang saat ini menjadi online forum IT (hacking-security-programming-dll) terbesar di indonesia.

Di sebuah forum, tidak semua yang terdaftar menjadi member aktif yang sering menjawab dan melakukan posting. Sebagian besar hanya menjadi member pasif yang senang membaca hasil sharing di forum tersebut.
Jadi
semakin besar forum yang kita ikuti, maka semakin bagus. Misalkan jika kita bertanya di kaskus maka ada kemungkinan setidaknya dijawab oleh lebih dari dua ratus ribu member (sepuluh persen dari jumlah member yang terdaftar).

Apabila forum tersebut memberikan fasilitas signature seperti xcode maka jangan kita sia-siakan. Pasang link web-blog kita pada signature tersebut. Jadi setiap kali kita posting, maka link tersebut akan tampil di bawah postingan kita. Tetapi perlu diingat untuk tidak memposting hal atau jawaban yang ngawur (spam-junk-dll) karena tidak akan ada member lain yang mengklik link web-blog kita. Tulislah tulisan/jawaban yang baik dan bermanfaat, agar member lain berminat mengunjungi web-blog kita.

Happy blogging, happy surfing, happy online.!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar