Kamis, 08 Juli 2010

Cara Mudah Untuk Menulis di Blog.!

Sebenarnya untuk membuat sebuah tulisan pendek seperti artikel, tutorial, ataupun cerpen, tidaklah sesulit yang kita fikirkan.

Yang kita butuhkan hanya dua (2) hal, yaitu ide atau inti tulisan dan kemauan atau niat.

Dengan hanya dua hal tersebut, tentu saja kita tidak bisa menghasilkan tulisan yang baik dan sejajar dengan para penulis media. Tetapi setidaknya kita sudah bisa mencapai tujuan pokok dari sebuah tulisan, yaitu menyampaikan ide, gagasan, pengetahuan ataupun pengalaman kita yang mungkin akan berguna bagi orang lain.

Lalu bagaimana dengan ide atau inti tulisan.?
Ide atau inti tulisan, bisa kita dapatkan dari mana saja dan kapan saja. Seperti tulisan saya mengenai Seleksi Penerimaan Pegawai Negri Sipil, idenya saya dapatkan setelah membaca dan mendengar berita tentang demonstrasi para guru bantu maupun kontrak agar dinaikan statusnya.

Atau tulisan tentang General Aptitude Test (GAT) PLN, Tes Akademik dan Bahasa Inggris PLN, Psikotes Lanjutan PLN dan Tes Diskusi Kelompok PLN, yang idenya merupakan pengalaman pribadi saya. Dan jujur saya akui bahwa tulisan-tulisan tersebut yang memberikan traffic ke blog saya.

Tipsnya adalah, tulis apapun yang ada di kepala kita asalkan masih dalam koridor inti tulisan kita. Jangan memikirkan ejaan atau estetika tulisan terlebuh dahulu. Nanti setelah tulisan selesai, barulah kita bertindak sebagai editor untuk mengedit ejaan, estetika, maupun kosakata yang kita gunakan.

Selamat menulis ya.!!
Semoga berguna..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar