Kamis, 08 Juli 2010

Menulis Konten Asli di Blog..!

Menanggapi ramainya pembahasan tentang pentingnya tulisan/konten asli di blog, saya membuat tulisan ini. Saya sangat setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa konten asli (yang baik) di blog akan memberikan traffic.

Sebagai pengguna aktif, kita sering dibuat kesal karena maraknya budaya copy-paste tulisan pada blog.
Misalnya kita ingin mencari tahu tentang membuat theme wordpress menggunakan artisteer, apa yang kita dapat.?
Kita mendapatkan banyak hasil dari mesin pencari yang sama persis. Padahal point penting dalam mencari informasi adalah keberagaman, kita ingin mendapatkan keberagaman tulisan atau informasi, untuk suatu tema tertentu. Tentu saja untuk memperkaya pengetahuan kita.

Sebagai pembaca saja kita sudah dibuat kesal oleh para pelaku copy-paste. Apalagi sebagai blogger. Bayangkan, bagaimana tulisan yang kita buat susah payah, dengan mudahnya di copy-paste di blog lain tanpa mencantumkan sumbernya.

Menurut saya, tulisan/konten asli bukanlah tulisan/konten yang belum pernah dimuat. (karena untuk melakukan hal itu, sangat sulit di era internet seperti sekarang ini, karena semua bentuk informasi dari A sampai Z sudah dibahas)
Tetapi tulisan yang dibuat menggunakan gaya bahasa dan penulisan masing-masing.
Gaya bahasa dan penulisan itu unik, dan terbentuk dari beberapa hal, seperti lingkungan, pendidikan, pengalaman, pergaulan dan lain-lain.
Jadi walaupun kita membahas suatu tema yang sama (misalkan pengalaman mengikuti General Aptitude Test [GAT] PLN), jika benar-benar ditulis oleh orang yang berbeda, maka akan menjadikan tulisan dan informasi yang disampaikanpun bebeda.

Jadi mari kita tulis tulisan kita sendiri di blog kita sendiri.!!

6 komentar:

  1. hehe bener mas :) yang penting aseli :D
    makasiih

    BalasHapus
  2. hihi,..
    thanks sudah sudi berkinjung,..
    :)

    BalasHapus
  3. setuju deh kalo maslah yang satu itu walaupun acakadut tetep nekat aja seperti di tempat saya ini

    BalasHapus
  4. ya betul om,..
    saya juga bisa ulis karna modal nekat+coba2..
    thanks sudah mampir ya om,. :)

    BalasHapus
  5. trus klo mau tahu konten yang kita buat asli apa duplikat caranya gimana..

    BalasHapus
  6. @arashikensho : kalo kita original nulis sendiri, ya udah pasti itu asli (original) walaupun idenya berasal dari orang lain, tetap bisa disebut asli (tulisan sendiri/bukan asal copy-paste)
    menurut saya sih begitu.. :D

    BalasHapus