Minggu, 11 Juli 2010

Mengenal dan Memilih Domain.!

Terjun di dunia blogging, tidak seru rasanya jika tidak mengenal apa itu domain dan web hosting. Pada kesempatan ini, saya akan membahas sedikit tentang domain.

Apa itu domain.? Domain adalah alamat atau nama alias dari suatu web-blog. Misalkan www.google.com, atau www.wordpress.com, itu merupakan sebuah domain.

Mengapa disebut nama alias, karena sebenarnya alamat web-blog itu terdiri dari deretan angka yang disebut IP. Hal ini bisa kita buktikan dengan mengecek IP (misal) google.com menggunakan tools ip checker ataupun menggunakan perintah ping pada command prompt/terminal. Mari kita ketikan perintah berikut pada command prompt/terminal "ping google.com" (tanpa tanda kutip), maka kita mendapat hasil seperti ini "Reply from 64.233.181.104 : bla,bla", deretan angka itu adalah alamat asli dari google.com. Untuk membuktikannya, silakan masukan deretan angka tersebut (64.233.181.104) pada web browser, dan lihat hasilnya.

Teknologi domain bertujuan untuk mempermudah kita mengingat alamat dari suatu web-blog. Bayangkan jika tidak ada teknologi domain, maka kita harus mengingat sekian banyak deret angka untuk mengakses suatu web-blog.

Domain dapat dimiliki dengan dua cara, ada domain yang disediakan secara gratis, ada pula domain yang berbayar. Dalam hal berbayar, maksudnya kita bisa menyewa suatu nama domain dengan harga, fasilitas dan masa sewa yang telah ditentukan oleh penyedianya.

Misalkan domain www.xcode.or.id, domain tersebut disewa untuk jangka waktu sekian tahun, dan apabila pemilik web tersebut tidak memperpanjang masa sewanya ketika sudah habis, maka perusahaan penyedia domain berhak untuk memindah tangankan domain tersebut kepada pihak lain yang ingin menyewanya.

Yang perlu diperhatikan dalam memilih domain adalah, sebaiknya (nama) domain tersebut harus mudah diingat dan senada dengan tema web-blognya.

Selamat memilih domain.!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar